Hukum 17 Agus 2018

Etika Kehidupan Kampus

ETIKA KEHIDUPAN KAMPUS

A. Etika Umum Di Kampus

Untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban dalam proses belajar mengajar, maka setiap mahasiswa :

  1. Harus mematuhi semua peraturan dan tata tertib yang ada dan yang akan dikeluarkan oleh Universitas Islam Riau.
  2. Diwajibkan menjaga nama baik almamater, agama dan bangsa.
  3. Harus berprilaku terpuji dan menghindari diri dari perbuatan yang dapat menimbulkan kecelakaan, kerusakan, kekacauan atau kesengsaraan terhadap orang lain.
  4. Tidak dibenarkan menganggu kelancaran adiministrasi atau menghalangi petugas Universitas Islam Riau (UIR), atau petugas pemerintah yang melaksanakan tugasnya.
  5. Dilarang mengambil, merusak, megotori atau menghancurkan benda milik Universitas Islam Riau atau menggunakannya tanpa izin.
  6. Dilarang menghina secara lisan maupun tulisan atau mengecam warga kampus Universitas Islam Riau.
  7. Dilarang menghasut atau memfitnah yang dapat menyulut atau menimbulkan kerusuhan atau kekacauan.
  8. Dilarang membawa kedalam kampus benda yang dapat membahayakan keselamatan warga kampus, seperti : senjata api, senjata tajam, bahan peledak dan racun.

B. Etika dan Tata Tertib Perkuliahan

Setiap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan harus taat dan patu dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Setiap mahasiswa wajib mengikuti kegiatan pendidikan yang dilaksanakan dalam bentuk perkuliahan biasa, seminar/diskusi kelompok, tutorial, penugasan dan kegiatan lain dengan bimbingan dosen pengasuh.
  2. Setiap mahasiswa yang ikut perkuliahan harus berpakaian sopan. Untuk mahasiswa dilarang memamkai kaos oblong. Khusus untuk Mahasiswi harus berpakaian muslimah dan berkerudung serta tidak dibenarkan berpakaian ketat.
  3. Setiap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan harus memamkai sepatu.
  4. Setiap mahasiswa yang ikut perkuliahan wajib mengikuti perkuliahan dengan tertib, dan tidak dibenarkan ribut.
  5. Setiap mahasiwa diwajibkan mengisi daftar hadir sebelum kegiatan perkuliahan dimulai. Penandatanganan daftar hadir dilakukan pada permulaan mata kuliah diberikan.
  6. Mahasiswa wajib hadir di kelas 5 (lima) menit sebelum perkuliahan dimulai. Keterlambatan yang lebih dari 15 (lima belas) menit akan dianggap absen kecuali ada pemberitahuan sebelumnya.
  7. Mahasiswa yang tidak mengikuti perkuliahan tanpa izin (alpa) sebanyak 20% (dua puluh persen) dari jumlah keseluruhan tatap muka tidak dibenarkan mengikuti ujian.
  8. Mahasiswa berhak untuk meminta Satuan acara Perkuliahan (SAP) kepada dosen pengampu sebelum perkuliahan dimulai.
  9. Mahasiswa berhak untuk meminta bahan perkuliahan kepada dosen pengampu.
  10. Mahasiswa berhak untuk mengajukan pertanyaan kepada Dosen. Penyampaian pertanyaan harus dilakukan secara sopan.
  11. Mahasiswa dilarang memberikan sesuatu apapun, seperti uang atau benda berharga lainnya kepada dosen pengampu yang berkaitan dengan kelulusan mata kuliah.
  12. Dosen pengampu mata kuliah berhak untuk mengambil tindakan tegas apabila mahasiswa melanggar ketentuan di atas.

C. Tata Tertib Ujian Fakultas Hukum UIR

  1. Peserta ujian adalah Mahasiswa wajib membawa KRS yang sudah di cap lunas;
  2. Peserta ujian adalah Mahasiswa yang namanya telah tercantum pada masing – masing ruangan ;
  3. Peserta ujian diharuskan hadir tepat waktu sesuai dengan jadwal ujian yang telah ditetapkan. Keterlambatan 15 (lima belas) menit dari jadwal yang sudah ditentukan, tidak dibenarkan untuk mengikuti ujian ;
  4. Peserta ujian tidak dibenarkan membawa barang – barang ke dalam ruangan ujian, kecuali alat tulis, KRS dan Kartu Ujian ;
  5. Peserta ujian tidak dibenarkan mengaktifkan hand phone, laptop/ notebook dan sejenisnya selama pelaksanaan ujian berlangsung ;
  6. Peserta ujian tidak dibenarkan bertindak curang selama ujian, bagi yang melanggar diberikan tindakan tegas (tidak lulus pada mata ujian yang bersangkutan/ nilai E) ;
  7. Peserta ujian pria berpakaian rapi, mengenakan kemeja putih (tanpa motif), dasi dan celana hitam bahan katun, sedangkan peserta ujian wanita mengenakan baju kebaya putih, rok hitam/ batik/ songket dan jilbab/ kerudung/ selendang berwarna hijau daun.

D. Peraturan Disiplin Mahasiswa

  1. Bahwa Universitas Islam Riau sebagai sebuah perguruan tinggi Islam Riau mengemban amanah menyelenggarakan pendidikan untuk membentuk manusia yang beraklaqul karima.
  2. Bahwa dalam rangka membentuk jati diri muslim yang mampu membedakan antara yang hak dan bathil, Universitas Islam Riau memandang perlu melaksanakan sistem pendidikan yang memadukan secara baik kekuatan fakir dan zikir dalam rangka menbentuk mahasiswa dan lulusan sebagai insane kamil.
  3. Bahwa peraturan disiplin mahasiswa sebagaimana yang diatur dalam surat Keputusan Rektor Universitas Islam Riau Nomor 28/UIR/Kpts/1983 perlu disempurnakan dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan pendidikan di Universitas Islam Riau.
  4. Bahwa sehubungan dengan hal-hal tersebut di atas, perlu ditetapkan surat keputusan Rektor Universitas Islam Riau.
[ ]