Hukum 17 Agus 2018

Layanan Kepada Mahasiswa

Bimbingan dan konseling

Bimbingan Konseling yang dilakukan pada PSIH Fakultas Hukum UIR yaitu, Mahasiswa/i mendapat pelayanan bimbingan akademik, bimbingan non akademik, dan konseling. Bimbingan akademik dan non akademik dibimbing langsung oleh Dosen dan Dosen Pembimbing Akademik (PA). Pimpinan PSIH Fakultas Hukum UIR juga melakukan proses pembimbingan kepada Mahasiswa/i yang mengalami masalah akademis dan administrasi.

Bentuk Kegiatan :

  1. Bimbingan Akademik;
  2. Bimbingan Tugas Akhir;
  3. Konseling.

Pelaksanaan :

1. Bimbingan Akademik :

  • Memberikan bimbingan dan nasehat kepada Mahasiswa/i tentang cara belajar yang baik;
  • Memotivasi Mahasiswa/i secara berkelanjutan agar Mahasiswa/i meningkatkan Prestasi akademik;
  • Mengarahkan Mahasiswa/i sesuai minat dan bakat akademik di bidang Hukum;
  • Memberikan persetujuan kepada Mahasiswa/i tentang jumlah SKS dan Mata Kuliah yang akan diambil untuk semester yang akan berjalan.

2. Bimbingan Tugas Akhir :

  • Ketua Departemen memberikan arahan dan masukan kepada Mahasiswa/i yang ingin mengusulkan Judul Penelitian;
  • Ketua Departemen juga memberikan bimbingan kepada Mahasiswa/i dalam pelaksanaan proses Magang;
  • Dosen Pembimbing Tugas Akhir mengarahkan tentang Penelitian yang dilakukan Mahasiswa/i.

3. Konseling :

  • Melalui pusat konseling dan kajian sumber daya manusia (PK2SDM) sesuai dengan sk rektor No.651/UIR/KPTS/2011, Universitas Islam Riau memberikan fasilitas konseling bagi setiap mahasiswa/i yang membutuhkan pembimbingan;
  • Melalui SK Rektor No.007/KPTS/F.Psi/2010 tentang lembaga psikologi terapan fakultas psikologi UIR, diberikan fasilitas konseling yang berpusat di fakultas psikologi untuk mahasiswa/i mendapatkan pembimbingan;
  • Dekanat memberikan arahan kepada seluruh Mahasiswa/i baru pada kegiatan Pengenalan Kegiatan Kampus bagi Mahasiswa/i Baru (PKKMB);
  • Dekanat menerima konsultasi dari seluruh Mahasiswa/i terkait permasalahan akademik maupun non akademik yang dihadapi dengan jadwal temu janji;
  • Dekanat memberikan saran dan masukan kepada Mahasiswa/i yang telah merampungkan studinya tentang kelanjutan studi serta pengembangan karir lebih lanjut dan peluang kerja.

Hasil :

1. Bimbingan Akademik :

  • Mahasiswa/i memiliki semangat dan giat dalam melaksanakan kegiatan belajar;
  • Mahasiswa/i memiliki prestasi akademik yang sangat memuaskan dan terpuji;
  • Mahasiswa/i memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh Dosen;
  • Mahasiswa/i memiliki alternatif bidang kajian yang lebih terarah;
  • Mahasiswa/i mampu mengukur kemampuan dirinya pada setiap semester, terutama setelah menerima bimbingan dari pembimbing akademik.

2. Bimbingan Tugas Akhir :

  • Mahasiswa/i memiliki keterarahan tentang usulan penelitian yang diajukan sesuai dengan bidang kajian masing-masing;
  • Mahasiswa/i memiliki keterarahan tentang pelaksanaan magang sesuai dengan kebutuhan dan bidang kajian masing-masing;
  • Mahasiswa/i memiliki alternatif dan/atau rekomendasi tempat magang yang sesuai dengan kebutuhan dan bidang kajian masing-masing.

3. Konseling :

  • Mahasiswa/i mendapatkan bimbingan konseling psikologi bagi mereka yang membutuhkan;
  • Mahasiswa/i baru memiliki pengetahuan dasar dan luas tentang tata kehidupan kampus;
  • Mahasiswa/i baru memiliki pengetahuan tentang manajemen waktu kuliah;
  • Mahasiswa/i baru memiliki alternatif saran dan masukan, terutama dari Dekanat atas permasalahan akademik maupun non akademik yang dihadapinya;
  • Mahasiswa/i yang telah menyelesaikan studinya memiliki alternatif tentang kelanjutan studinya;
  • Mahasiswa/i yang telah menyelesaikan studinya memiliki alternatif tentang pengembangan karier lebih lanjut;
  • Mahasiswa/i yang telah menyelesaikan studinya memiliki informasi tentang peluang kerja/pusat karir.

Minat dan Bakat (Ekstrakurikuler)

PSIH Fakultas Hukum UIR melalui Pimpinan Fakultas Hukum dan Pimpinan UIR mendukung pendanaan dan memfasilitasi dalam penyelenggaraan seminar, workshop, ekstrakurikuler, untuk mahasiswa/i aktif mengikuti berbagai kegiatan baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional dan mahasiswa/i aktif dalam menyelenggarakan kegiatan sosial dan kemasyarakatan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan masyarakat.

Bentuk Kegiatan :

  1. Mengadakan berbagai kompetisi dan kejuaraan;
  2. Mendukung dan memfasilitasi kegiatan Mahasiswa/i baik dikampus atau diluar kampus, lokal, nasional maupun internasional;
  3. Membentuk unit kegiatan Mahasiswa/i.

Pelaksanaan :

1. Mengadakan berbagai kompetisi dan kejuaraan :

  • Debat tingkat SMA dan sederajat;
  • Debat konstitusi antar Mahasiswa/i dalam SK Dekan No. 2157/C-UIR/12- FH/2017;
  • Menjadi tuan rumah Debat Konstitusi Mahasiswa/i tingkat Regional Barat bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia;
  • Kompetisi Debat Nasional Diponegoro Law Fair 2017 dalam SK No.003/FH- UNDIP/IX/2017;
  • Pertandingan Futsal bekerjasama dengan Pihak ke tiga (lembaga lain) dalam SK No.331/UIR/KPTS/2017;
  • Pertandingan Sepak Bola bekerjasama dengan Pihak ke tiga (lembaga lain) dalam SK No. 01/A/PANPEL/FH-UIR/2016.

2. Mendukung dan Memfasilitasi kegiatan Mahasiswa/i baik di kampus atau di luar kampus :

  • Kegiatan Philip Jessup International Mootcourt Competition 2018 SK Dekan No.091/C-UIR/12-FH/2018;
  • <li">Essay Competition Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLSN) South Korea Certificate Of Achievement, diselenggarakan Festival Studi Luar Negeri 2017;
  • International Seminar “Asean Economic Community (AEC) Progress Under Perspective Indonesia-Malaysia” Held By Faculty Of Law Islamic University Of Riau and Consulate Of Malaysia diselenggarakan Fakultas Hukum UIR dan Konsulat Malaysia 2017;
  • Joint Seminar “Chance and Challange Of Indonesian As A Foreign Labour In Malaysia (Underperspective Of ASEAN Economic Community) That Held by cooperation between Faculty Of Law Of Islamic University Of Riau and Embassy Of The Republic Of Indonesia Kuala Lumpur 2017 diselenggarakan PSIH UIR dan Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur;
  • Penyuluhan Hukum yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Pidana (HIMADANA) dalam SK No.08 C/KPTS/FH-UIR/2017;
  • Penyuluhan Hukum yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Perdata (HIMADATA) dalam SK No.009/KPTS/FH-UIR/2017;
  • Penyuluhan Hukum yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Administrasi Negara (HIMAHAN) dalam SK No.09 B/KPTS/FH-UIR/2017;
  • Penyuluhan Hukum yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Bisnis (HIMABIS) SK No.09 D/KPTS/FH-UIR/2017;
  • Penyuluhan Hukum yang diadakan oleh Himpunan Mahasiwa Hukum Internasional (HIMAHI) dalam SK No.09 F/KPTS/FH-UIR/2017;
  • Penyuluhan Hukum yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Mahasiswa Hukum Tata Negara (HIMATARA) dalam SK No.09E/KPTS/FH-UIR/2017;
  • Gelar Kongres Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (DPP IKA FH UIR) 2017;
  • Kegiatan LARVA (Law Art Festival) Festival Seni Hukum diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa/i (UKM) Jurnalistik UIR SK No.97/B/UKM Jurnalistik/ FH/UIR/2017 dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR).
  • Seminar Publik tentang “Islam dan Masa Depan Kepemimpinan Bangsa Indonesia” diselenggarakan UKMI Al-Kahfi UIR 2017;
  • Workshop Bujang Dara Provinsi Riau diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Riau 2017
  • Certificate Of Participant For His/Her Participation in The Rota’s 9 Th Annual Youth Confrence “EMPOWER” diselenggarakan Reach Out To Asia 2017;
  • Seminar Nasional dengan tema “Perlindungan Hukum Terhadap Pengungsi / Imigran Oleh Pemerintah Indonesia di Provinsi Riau” diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Hukum Internasional (HIMAHI) Fakultas Hukum UIR 2016;
  • Kompetisi GEMA Lomba Karya Esai Tingkat Nasional No. 27/e/PANEL GELORA ESAI/BEM/ UNDIKSHA/XI/2016 yang diselengarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pendidikan Ganesha (Bali) 2016:
  • Kompetisi Skate boarding dengan tema “Skate for Green, Skate For Peace, Skate For Life” High Ollic Contest Go Skate Boarding Day 2016;
  • Mentoring Al-qur’an bagi Mahasiswa/i Fakultas Hukum Universitas Islam Riau dalam SK Dekan Fakultas Hukum No. 001/KPTS/FH-UIR/2016 tentang Program Mentoring Al-qur’an Bagi Mahasiswa/i Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR); Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) dalam LPJ No.41/B/UKM- LED/FH/UIR/2016;
  • Pembinaan Duta Wisata diselenggarakan Pemerintahan Provinsi Riau Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Hotel Swiss Bell Inn 2016;
  • Seminar Konferensi Nasional dengan Tema “Perempuan Melawan Korupsi 2016;
  • Seminar Nasional Masyarakat Ekonomi ASEAN dengan Tema “Kesiapan SDM Lokal Menghadapi Peluang dan Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” diselenggarakan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Riau (DPP IKA UIR) 2016;
  • Certificate Of Award Best Action Plan “In Recognition Of Valuable Contribution Through Action Plan Discussion and Presentation” diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Olahraga 2016;
  • Certificate Of Appreciation “This Is To Certify That The Above Participant Of Riau International Youth Summit 2016 Has Successfully Completed The Program Conducted By The Department Of Youth and Sport Of Riau Province diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Olahraga 2016;
  • Kompetisi MTQ Fakultas Hukum dalam SK No.1701/A-UIR/1-FH/2015;
  • Pentas Seni Hukum (Pensi Of Law) Jurnalistik Ditaja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR) dalam LPJ No. 021/B/UKM- JURNALISTIK/FH/UIR/2015;
  • Seminar Hukum tentang “Kedudukan Hukum MOU Dalam Suatu Kontrak” diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Hukum Perdata (HIMADATA) Fakultas Hukum Universitas Islam Riau 2015;
  • Mengikuti kompetisi kegiatan Liga Mahasiswa (LIMA) Golf 2015 di Senayan National Golf . Pemilihan Raya Mahasiswa/i (BPRM) ditingkat Fakultas dan Universitas;
  • Seminar Nasional dengan Tema “Politik Hukum Keimigrasian Indonesia dan Peran Negara dalam Membela WNI di Luar Negeri”;
  • Latihan Dasar Organisasi (LDO) oleh Debate Community of Law (DCL);
  • Pemillihan Dosen Award sebagai apresiasi/penghargaan diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR);
  • Memperingati Isra Mi’raj dan Halal bi halal Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM);
  • Kegiatan Pentas Seni Hukum/Pensi Of Law;
  • Kunjungan Studi Banding ke Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia /Perguruan Tinggi di Luar Negeri khususnya Fakultas Hukum;
  • Kegiatan Public Speaking oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Administrasi Negara (HIMAHAN);
  • Seminar “Indonesian Nasional Rounds Of IHL Moot Court Competition” Kegiatan dititik beratkan pada promosi Hukum Humaniter Internasional (HHI) dan pengembangan kapasitas Palang Merah Indonesia (PMI) di Indonesia;
  • Penggalangan Dana dan Buku untuk siswa/i Sekolah Dasar Negeri (SDN) 023 Kunto Darussalam Rokan Hulu (ROHUL);
  • Mengadakan Seminar Workshop Legislatif dan bimbingan simulasi diselenggarakan Dewan Mahasiswa (DEMA);
  • Dosen Award ditaja Oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR);
  • Seminar Nasional “Peluang dan Tantangan Alumni Universitas Islam Riau Untuk Menghadapi Tantangan Masa Depan Dalam Era Pasar Bebas” oleh Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) Jurnalistik;
  • Pelaksanaan Pelatihan Public Speaking oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Administrasi Negara (HIMAHAN);
  • Pemilihan Duta Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR);
  • Seminar Nasional, Tema “Peluang dan Tantangan Alumni Universitas Islam Riau (UIR) Untuk Menghadapi Tantangan Dalam Era Pasar Bebas.
  • Kompetisi Debat Mahasiswa/i Mahakamah Konstitusi Regional Barat
  • Kompetisi Debat Hukum Fakultas Hukum UIR “Membangkitkan Kesadaran Mahasiswa Akan Perlindungan Serta Penegakan Hukum dan Hak Asasi Manusia Di Indonesia”.
  • Pelantikan Badan Eksekutif Mahasiwa/i Dan Dewan Mahasiswa/i Fakultas Hukum Universitas Islam Riau;
  • Turnamen Futsal Himpunan Mahasiswa Hukum Pidana (HIMADANA) CUP Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR) ;

3. Membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa/i :

  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM);
  • Dewan Mahasiswa (DEMA);
  • Himpunan Mahasiswa Hukum Perdata (HIMADATA);
  • Himpunan Mahasiswa Hukum Pidana (HIMADANA);
  • Himpunan Mahasiwa Hukum Administrasi Negara (HIMAHAN);
  • Himpunan Mahasiswa Hukum Tata Negara (HIMATARA);
  • Himpunan Mahasiswa Mahasiswa Hukum Internasional (HIMAHI);
  • Himpunan Mahasiswa Hukum Bisnis (HIMABIS);
  • Debate Comunity of law (Debat Hukum);
  • Football Club Hukum Universitas Islam Riau (UIR);
  • Futsal Club Hukum Universitas Islam Riau (UIR);
  • Law Basket Ball Club (LBC) Universitas Islam Riau (UIR);
  • Jurnalistik Universitas Islam Riau (UIR);
  • Forum Studi Islam (FSI) AL-Mizan;
  • Konsilidasi Kesatuan AKSI Mahasiswa Muslim Indonesia Se-Riau;
  • Pemilihan Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Hukum UIR;

Hasil :

1. Mengadakan Berbagai Kompetisi dan Kejuaraan :

  • Mahasiswa/i menjadi terampil dalam mengemukakan pendapat di muka umum;
  • Mahasiswa/i mampu menemukan dan mengemukakan berbagai solusi dari persoalan-persolan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara;
  • Mahasiswa/i menjadi terlatih dalam berbicara dan memiliki wawasan yang luas;
  • Mahasiswa/i terlatih untuk menanamkan jiwa sportifitas dalam menjalani kehidupan;
  • Mahasiswa/i memiliki wadah dan dapat menyalurkan bakat yang dimiliki.

2. Mendukung dan Memfasilitasi kegiatan Mahasiswa/i baik dikampus atau diluar kampus:

  • Mengahasilkan daya Intelektualitas tinggi dan kemampuan dibidang hukum;
  • Mahasiswa/i memiliki kepercayaan diri dalam membuat kegiatan maupun mengikuti kegiatan baik di dalam kampus maupun di luar kampus;
  • Menumbuhkan dan mengembangkan bakat dan minat mahasiswa dalam mengahadapi tantangan dunia kerja;
  • Mahasiswa/i memiliki kemampuan dalam menigkatkan hafalan Al-qur’an mendukung terwujudnya Catur Dharma UIR.

3. Membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa/i :

  • Mahasiswa/i mempunyai kemampuan dalam berorganisasi;
  • Mahasiswa/i memiliki kemampuan bekerjasama dengan tim;
  • Mahasiswa/i memiliki kemampuan dalam memimpin;
  • Mahasiswa/i memiliki kemampuan dalam menyampaikan pendapat;
  • Mahasiswa/i dapat meyalurkan minat, bakat dan keahlian tertentu;
  • Mahasiswa/i dapat membangun rasa kekeluargan dan kekompakan angkatan;
  • Mengenalkan budaya kampus dengan pertemuan-pertemuan rutinnya.

Pembinaan Soft Skills

Pembinaan Soft Skiils membantu Mahasiswa/i dalam berkarya melalui diadakannya Training kepemimpinan latihan dasar organisasi (LDO) Fakultas Hukum, memotivasi mahasiswa/i untuk mengadakan acara ilmiah terkait prodi seperti seminar, workshop dll.

Bentuk Kegiatan :

1. Peningkatan Kualitas Mahasiswa/i bidang Kewirausahaan;

2. Peningkatan kemampuan berbahasa inggris

Pelaksanaan :

1. Peningkatan Kualitas Mahasiswa/i bidang Kewirausahaan :

  • Workshop Entrepreneur “How To be Youngpreneur” oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Bisnis (HIMABIS) dalam SK No. B.001/Pan- Pel/HIMABIS/IV/2017;
  • Workshop Public Speaking “Duta Mahasiswa” dalam SK No.01/Duta Mahasiswa/FH-UIR/XI/2017;
  • Pelatihan Pembuatan Kontrak Bisnis dan Kontrak Pemerintahan yang di Selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Administrasi Negara UIR (HIMAHAN) 2017;
  • Pelatihan Pembuatan Peraturan Daerah Dan Peraturan Kepala Daerah Selama 10 Jam diselenggarakan Ketua Departemen Bagian Hukum Administrasi Negara Fakukltas Hukum UIR 2017;
  • Pelatihan Pembuatan Standar Operating Procedure (SOP) diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Hukum Administrasi Negara (HIMAHAN) Fakultas Hukum UIR;
  • Kegiatan FGD Kerjasama Fakultas Hukum Universitas Islam Riau dengan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dengan tema “Pembentukan Legislasi yang Berpihak Kepada Daerah” 2016;
  • Seminar Wirausaha “Membudayakan Semnagat Wirausaha di Kalangan Mahasiswa di taja oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Perdata (HIMADATA);
  • Kegiatan Bazar Buku, Tema “Terapkan Budaya Membaca Buku Dari Sekarang” ditaja oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Perdata (HIMADATA);
  • i) Seminar Nasional dengan Tema “Peluang Dan Tantangan Alumni-Alumni Universitas Islam Riau Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” yang diselenggarakan UKM Jurnalistik PSIH UIR 2015.

2. Peningkatan kemampuan Berbahasa Inggris

  • English day
  • English Disscusion

Hasil :

1. Peningkatan Kualitas Mahasiswa/i bidang Kewirausahaan :

  • Membuka/ Menciptakan Lapangan Usaha Sendiri;
  • Menumbuhkan kembangkan jiwa kewirausahaan serta keterampilan dan percaya diri Mahasiswa/i menghadapi dunia kerja.

2. Peningkatan kemampuan Berbahasa Inggris :

  • Meningkatnya minat Mahasiswa/i dibidang bahasa inggris dan menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari;
  • Meningkatnya minat mahasiswa/i untuk berdiskusi dalam bahasa inggris.

Beasiswa

1. Setiap semester secara rutin selalu ada tawaran beasiswa baik dari pihak eksternal maupun internal.

2. Pihak ekternal misalnya Beasiswa Pemerintahan Propinsi Riau.

3. Pihak Internal adalah beasiswa dari yayasan yang selalu diberikan setiap tahun;

Bentuk Kegiatan :

1. Memberikan Informasi Peluang Beasiswa Bagi Mahasiswa/i;

2. Memfasilitasi Mahasiswa/i Dalam Memperoleh Beasiswa.

Pelaksanaan :

Berawal dengan memberikan data diri berikut KHS Mahasiswa/i, yang selanjutnya akan dibuat transkip sementara yang memuat IP dan IPK sementara, yang pelaksanaannya dibantu oleh tenaga administrasi fakultas.

1. Memberikan Informasi Peluang Beasiswa Bagi Mahasiswa/i :

  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan (BBP) dalam SK No. 002/A-UIR/1-BKA/2016;
  • Beasiswa DIKTI melaui Bidikmisi Tahun 2016 SK No. 834/UIR/KPTS/2016;
  • Beasiswa Bidikmisi Pemerintah Provinsi Riau (PEMPROV RIAU) T.A 2016/2017 dalam SK No. 44/A-UIR/1-BKA/2016;
  • Beasiswa PPA dan BBP-PPA Tahun 2015 dalam SK No. 530/A-UIR/1- BAAK/2015;
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) /Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) dalam SK No. 367/A-UIR/1-BAAK/2013;
  • Beasiswa DIKTI melaui Bidikmisi Tahun 2015 SK No. 554/UIR/KPTS/2015;
  • Beasiswa DIKTI melaui Bidikmisi Angkatan 2012, 2013, 2014 dalam SK No. 31/UIR/KPTS/2015;
  • Beasiswa DIKTI melaui Bidikmisi Tahun 2014 SK No. 440/UIR/KPTS/2014;
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan (BBP) dalam SK No. 608/A-UIR/1-BKA/2014;

2. Memfasilitasi Mahasiswa/i Dalam Memperoleh Beasiswa :

A. Memberikan Informasi Kepada Mahasiswa/i dalam memperoleh Beasiswa :

  • Alokasi Dana Beasiswa PPA dan BBP-PPA Tahun 2016 berdasarkan surat Kopertis wilayah X No. 277/K10/KM 2016, dengan melampirkan :
    • Fotocopy KTM T.A. 2015/2016
    • Semester III/semester IV
    • IPK minimal 3,00
    • Fotocopy KK
    • Surat Berkelakuan Baik dikeluarkan WD III
    • Surat Keterangan Kurang Mampu dikeluarkan Kepala Desa/Kelurahan Mengisi Formulir.
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan (BBP) dalam surat Kopertis Wilayah X No.291/010/KM/2014 dengan melampirkan :
    • Fotocopy KTM T.A. 2013/2014;
    • Semester III/semester IV;
    • IP minimal 2,50 untuk BBP-PPA dan 3, 00 untuk Beasiswa PPA;
    • Fotocopy KK;
    • Surat Berkelakuan Baik dikeluarkan WD III;
    • Surat Keterangan Kurang Mampu dikeluarkan Kepala Desa/Kelurahan;
    • membuka rekening Bank Syariah Mandiri;
    • Mengisi Formulir.
  • Alokasi Dana Beasiswa PPA dan BBP-PPA Tahun 2015 berdasarkan surat Kopertis wilayah X No. 234/010/KM/2015, dengan melampirkan :
    • Fotocopy KTM T.A 2014/2015
    • Semester III/semester IV
    • IP minimal 2,75/ BBP-PPA dan 3,00 untuk Beasiswa PPA
    • Fotocopy KK
    • Surat Berkelakuan Baik dikeluarkan WD III
    • Surat Keterangan Kurang Mampu dikeluarkan Kepala Desa/Kelurahan
    • Membuka Rekening Bank Syariah Mandiri
    • Mengisi Formulir .
  • Alokasi Dana Beasiswa dari Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)/Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), berdasarkan surat Kopertis Wilayah X No. 088/010/KM/ 2013 dengan melampirkan :
    • Fotocopy KTM T.A 2012/2013
    • Semester III/semester VIII;
    • IP minimal 3,00;
    • Fotocopy KK;
    • Surat Berkelakuan Baik dikeluarkan PD III;
    • Surat Keterangan Kurang Mampu dikeluarkan Kepala Desa/Kelurahan;
    • Membuka Rekening Bank Syariah Mandiri;
    • Mengisi Formulir.
  • Alokasi Dana Beasiswa dari Bidikmisi Angkatan 2012, 2013, dan 2014 berdasarkan surat Dikti Depdikbud RI No. 1604/E3.4/2012 dengan tujuan: memberikan kelancaran biaya pendidikan dan biaya hidup bagi mahasiswa/i penerima.
  • Alokasi dana Beasiswa DIKTI melaui Bidikmisi Tahun 2016, berdasarkan Surat Kopertis Wilayah X No. 1152/010/KM/2014 dengan melampirkan :
    • Mahasiswa/i memiliki potensi akademik;
    • kurang mampu secara ekonomi.
  • Alokasi Dana Beasiswa dari Bidikmisi Tahun 2015 berdasarkan surat No. 1586/A-UIR/1-BAAK/2015 dengan melampirkan :
    • Fotocopy rapor dari semester satu s/d semester enam;
    • Surat Keterangan kurang mampu dari Lurah/Kepala Desa;
    • Fotocopy KK;
    • Photo Rumah ukuran 3 (Tiga) R;
    • Pas Photo.
  • Beasiswa DIKTI melaui Bidikmisi Tahun 2014, Surat Dikti Depdikbud RI No.1796/E3.1/KU/2014, dengan tujuan :
    • Mahasiswa/i memiliki potensi akademik memadai;
    • Mahasiswa/i kurang mampu secara ekonomi.
  • Alokasi Dana Beasiswa Bidikmisi diperoleh dari Pemerintah Provinsi Riau (PEMPROV RIAU) T.A 2016/2017 dalam SK No.4/A-UIR/1-BKA/2016 dengan melampirkan :
    • Mahasiswa/i kurang mampu dalam ekonomi;
    • Mahasiswa/i memiliki kemapuan dibidang akademik;
    • IP kurang dari 3,00.

B. Melakukan Pendataan Terhadap Mahasiswa/i yang memperoleh Beasiswa baik Mahasiswa/i Berprestasi;

C. Serta Mahasiswa/i Melengkapi Persyaratan Adminstrasi Beasiswa;

D. Melaksanakan Tahapan/Prosedur dengan melakukan Pengisian Administrasi.

Hasil :

1. Memberikan Informasi Peluang Beasiswa Bagi Mahasiswa/i :

  • Mahasiswa/i mendapat kemudahan memeperoleh informasi tentang program beasiswa baik intitusi pemerintah atau swasta;
  • Mahasiswa/i mendapat kemudahan dalam memenuhi biaya perkuliahan, misalnya mahasiswa/i bisa membeli komputer/laptop, printer dan buku-buku penunjang perkuliahan;
  • Meningkatkan Semangat Belajar dan Prestasi Mahasiswa/i dalam Bidang Akademik dan Non Akademik.

2. Memfasilitasi Mahasiswa/i Dalam Memperoleh Beasiswa :

  • Mahasiswa/i Mendapatkan kemudahan dalam memperoleh informasi Beasiswa;
  • Mahasiswa/i Mendapatkan kemudahan dalam melengkapi persyaratan Administrasi;
  • Dalam memperoleh Pemberian Beasiswa BSDN, Beasiswa Komite Mahasiswa(BKM), Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bantuan Belajar Mahasiwa (BBM), Fisabilillah, Pemerintahan Daerah (PEMDA), Yayasan Lembaga Pendidakan Islam (YLPI) dapat memberikan solusi terhadap kendala biaya kuliah bagi mahasiswa yang kurang mampu tetapi berprestasi secara akademik, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk kejar prestasi akademik, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk lulus tepat waktu.

Beasiswa yang diperoleh Mahasiswa/i :

Bentuk Kegiatan :

a).Beasiswa Mahasiswa/i Berprestasi secara akademik (PP, BBP, BBM);

b). Beasiswa Bantuan Mahasiswa/i tidak mampu secara ekonomi (BIDIK MISI Provinsi Riau);

c). Beasiswa Bantuan Mahasiswa/i tidak mampu secara ekonomi (Bidik Misi Dikti);

d). Bantuan Biaya Pendidikan dari DPD Dapil I dan Pemda Riau.

Pelaksanaan :

a). Memiliki IPK min 3,00 untuk beasiswa berprestasi;

b). Memiliki IPK min 3,00 untuk beasiswa Bidikmisi;

c). Berdasarkan Surat Keterangan tidak mampu dari kelurahan dan foto rumah orang tua.

Hasilnya :

Terdapatanya beberapa orang mahasiswa/i PSIH Fakultas Hukum UIR yang berhasil memperoleh beasiswa tersebut diatas.

Kesehatan

Bentuk Kegiatan :

  • Seluruh mahasiswa/i UIR, sejak mulai terdaftar sebagai mahasiswa/i sampai menyelesaikan perkuliahannya diberikan Jaminan Auransi Kecelakaan yang bekerja sama dengan RS. Syafira, RS. Ibnu Sina, RS. Eria Bunda, RS. Sansani, RS. Tabrani, RS. PMC, RS. Awal Bros, RS Herlinda, RS. Mitra lainnya;
  • Seluruh mahasiswa/i UIR, sejak mulai terdaftar sebagai mahasiswa/i sampai menyelesaikan perkuliahannya diberikan Jaminan Pengobatan dan Kesehatan gratis yang bekerja sama dengan RS. Mitra;
  • Adanya Poliklinik dan Klinik gigi di Kampus UIR;
  • Adanya Palang Merah Indonesia (PMI) Kampus, beraktifitas menerima pendonor darah setiap 3 (tiga) bulan sekali.

Pelaksanaan :

Kegiatan ini dilaksanakan ketika Mahasiswa/i membayar uang her-registrasi pertama kali.

Hasilnya :

  • Mahasiswa yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas mendapatkan dana asuransi dari PT. Jasa Raharja;
  • Adanya jaminan pengobatan dan kesehatan gratis terhadap seluruh mahasiswa/i; Untuk melayani kesehatan tersedia Balai Pengobatan Universitas Islam Riau (UIRA Health)
  • Terbantunya PMI dalam memenuhi kebutuhan Darah bagi masyarakat yang membutuhkan

Fasilitas

1. Keagamaan

  • Tersediannya fasilitas Mesjid Raya Kampus (Mesjid Al-Munawarah);
  • Fasilitas kegiatan rohani keislaman.

Pelaksanaan :

Terselenggaranya kegiatan keislaman dilingkungan UIR dengan baik.

Hasilnya :

Semakin meningkatnya pemahaman nilai-nilai keislaman Mahasiswa/i.

2. Perpustakaan

  • Tersediannya fasilitas Perpustakaan Universitas;
  • Tersediannya fasilitas Perpustakaan Pascasarjana Universitas;
  • Tersediannya fasilitas pengaksesan Jurnal Online melalui situs Spingers yaitu jurnal Uir Law Review;
  • Tersediannya fasilitas Perpustakaan di Fakultas;
  • Menyediakan fasilitas berupa buku-buku refrensi, buku teks, jurnal ilmiah, laporan penelitian, skripsi, tesis, prosiding, dan buku-buku ilmiah lainnya yang dapat digunakan mahasiswa/i untuk belajar;
  • Semua ruangan di perpustakaan difasilitasi dengan internet dan wifi;
  • Pada masing-masing perpustakaan tersedia tempat untuk studi group, diskusi, dan internet.

Perpustakaan sangat membantu Mahasiswa/i dalam mencari Informasi yang diharapkan. Selain buku, mahasiswa/i juga dapat mengakses jurnal secara online, dengan adanya Internet dan wifi, sehingga nyaman untuk berdiskusi diperpustakaan.

3. Rusunawa/Asrama Mahasiswa

  • Tersediannya fasilitas 1 buah blok Rusunawa, dengan jumlah kamar 190 buah yang terdiri dari 380 tempat tidur. Rusunawa tersebut merupakan berkas fasilitas penginapan atlet sewaktu Propinsi Riau ditunjuk sebagai pelaksana PON ke 48;
  • Saat ini harga sewa kamar tersebut adalah Rp. 300.000,- per kamar/per bulan yang dapat diisi oleh 2 orang mahasiswa (Rp. 150.000 per orang/per bulan).

Kegiatan positif dan membantu mengembangkan bakat dan minat mahasiswa/i selalu di asrama mahasiswa/i.

4. Sarana Olahraga

Tersediannya sarana dan prasarana gedung olahraga yang dapat dimanfaatkan mahasiswa/i. Gedung/fasilitas olahraga tersebut adalah :

  • Stadion Mini Bola Kaki;
  • Gelanggang Tertutup/Gedung Olahraga Volley Ball Indoor;
  • Gelanggang Tertutup/Gedung Olahraga Basket Ball;
  • Gelanggang Tertutup/Gedung Olahraga Futsal;
  • Gelanggang Semi Tertutup/ Gedung Olahraga Panahan;
  • Gelanggang Tertutup/ Gedung Olahraga Pencak Silat/ Olahraga bela diri lainnya;
  • Gelanggang Terbuka/lapangan Tenis;
  • Gelanggang Terbuka/lapangan Tenis Meja;
  • Gelanggang Terbuka/lapangan Sepak Takraw.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa/i antara lain;

  • Turnamen Sepak Bola;
  • Turnamen Futsal;
  • Turnamen Voly Ball;
  • Turnamen Pencak silat.

Hasilnya dari sarana olahraga yang dimiliki oleh Universitas Islam Riau dapat mengembangkan bakat mahasiswa/i pada bidang olahraga. Mahasiswa menyalurkan bakat tersebut baik di dalam maupun di luar kampus seperti di daerah masing-masing.

5. Sarana Wifi Corner

Tersediannya sarana dan prasarana wifi corner yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa/i tersebut adalah :

  • Tersediannya pelayanan wifi berbayar bagi seluruh civitas akademika;
  • Mendapatkan kemudahan bagi Mahasiswa/i dalam memperoleh perkembangan ilmu pengetahuan;
  • Wadah bagi civitas akademika berbagi pengetahuan yang ter update
  • Wadah bagi civitas akademika dan alumni Fakultas Hukum UIR menjalin silaturahmi.

6. Sarana Kesenian

Tersediannya sarana dan prasarana kesenian yang dapat dimanfaatkan mahasiwa/i. Fasilitas kesenian tersebut adalah :

  • Pendopo/ Gelanggang terbuka untuk pertunjukan Tari, Musik dan Theater;
  • Auditorium;
  • Studio Tari;
  • Studio Musik;
  • Peralatan Musik Karawitan Melayu dan Minang;
  • Peralatan Musik Moderen Combo.

Sarana kesenian sangat membantu mahasiswa/i dalam mengembangkan karyanya dalam bidang seni.

7. Kantin dan Fotocopy

  • Tersedianya Kantin; Kantin dipergunakan untuk istirahat dan diskusi dalam berbagai macam persoalan berkaitan dengan perkuliahan maupun hal lain diluar perkuliahan.
  • Tersedianya Mesin Fotocoy; Fasilitas fotocopy diletakkan dirunag Tata Usaha Fakultas Hukum yang melayani kebutuhan Dosen serta melayani kebutuhan kegiatan belajar Mahasiswa/i.

8. Bank

  • Tersedianya Kantor Kas Bank Unisritama, Bank Mega Syariah dan Bank Mandiri Syariah;
  • Tersedianya Fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BTN, Bank Mega Syariah, Bank Muamalat, Bank Mandiri Syariah, Bank BRI, Bank Riau Kepri dan Bank BNI 46.

Bank ini memudahkan mahasiswa/i untuk fasilitas bank yang tersedia sebagai penunjang dalam urusan adminitrasi keunagn lingkungan kampus.

9. Parkir

Tersedianya Area Parkir Motor dan Mobil yang cukup representatif di Gedung A dan Gedung B. Tempat Parkir disediakan untuk ketertiban, kenyamanan serta keamanan kendaraan Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa/i.

10. Publik Area

Tersediannya Public Area dengan fasilitas Internet wifi yang cukup representative dihalaman dan Gedung A dan Gedung B Fakultas Hukum.

Public Area disediakan kemudahan Dosen dan Mahasiswa/i dalam mencari informasi lewat internet.

11. Laboratorium

Bentuk kegiatan :

Tersediannya fasilitas Laboratorium Hukum merupakan sarana kegiatan pendidikan dan pelatihan Kemahiran Hukum (PPKH) sebagai salah satu mata kuliah di Fakultas Hukum Universitas Islam Riau bagi Mahasiswa/i untuk melakukan peraktek peradilan semu hukum yang menyangkut penyelesaian perkara hukum baik litigasi maupun non litigasi.

Pelaksanaan dari Laboratorium Hukum :

  • Praktek Peadilan Semu pelatihan Kemahiran Hukum;
  • Menyusun serta mengadakan pengkajian terhadap proses pengembangan kurikulum di bidang ilmu hukum, khususnya di bidang kemahiran hukum;
  • Menyusun perencanaan berkenaan dengan sistem, metode dan prosedur pelaksanaan praktikum yang dapat dikembangkan di bidang ilmu hukum.

Hasil dari sarana laboratorium hukum bagi mahasiswa/i :

  • Mahasiswa/i mahir dalam pendidikan dan pelatihan kemahiran hukum;
  • Mahasiswa/i mahir dalam penguasaan hukum khususnya di bidang praktik;
  • Menciptakan SDM yang menguasai Informasi Hukum;
  • Mahasiswa/i menjadi Stake holder sesuai perkembangan hukum dewasa ini;
  • Kerjasama dengan berbagai pihak (instansi) pemerintah dan swasta di bidang penelitian, pengabdian, penataran lokakarya, dan seminar tentang hukum;
  • Melayani masyarakat, instansi pemerintah, DPRD, swasta, berupa pembentukan draft perundang-undangan (legal drafting);
  • Melayani masyarakat menyelesaikan permasalahan hukum yang dihadapi.

12. Lembaga Bantuan Hukum (LBH)

Bentuk Kegiatan :

(Profesionalitas layanan) yaitu Memberikan peluang kepada Mahasiswa/i yang membutuhkan akan pelayanan jasa hukum/konsultasi hukum bersifat baik litigasi maupun non-litigasi.

Pelaksanaan :

Permintaan layanan jasa konsultasi hukum diberikan bersifat litigasi mamupun non litigasi yaitu dalam bentuk konsultasi hukum, audit hukum (Legal Audit), pendapat hukum (Legal Opinion) dan penyusunan draf hukum (Legal Drafting).

Hasil :

Menciptakan Efesiensi pelayanan konsultasi hukum bagi mahasiswa/i dilakukan setiap hari kerja atas dasar persetujuan pihak konsultan hukum, baik melalui dosen, pimpinan maupun Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang ada di Lingkungan PSIH Fakultas Hukum UIR.

[ ]