Hukum 14 Nov 2017

Rektor UIR Prof. Syafrinaldi Motivasi Mahasiswa Menjadi Wirausaha

Pekanbaru: Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., MCL memotivasi mahasiswa agar memiliki semangat berwirausaha. Motivasi itu ia sampaikan ketika menjadi pembicara pada Seminar Nasional bertajuk, ''Membudayakan Semangat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa'' yang ditaja Departemen Perdata Fakultas Hukum UIR di Auditorium Soeman HS Pekanbaru Selasa (14/11). Seminar yang dimoderatori Desi Apriliani SH, MH ini selain menampilkan Prof. Syafrinaldi juga mendatangkan enterpreuner sukses Andik Top dari Malang, Hj. Dinawati SAg dan Dr. H. Thamrin S, SH, MHum.

Rektor mengulas satu demi satu jenis usaha kecil-kecilan yang awalnya dirintis  orang-orang kecil tapi  sekarang ia menjadi pebisnis besar. Misalnya KFC, bolu komojo dan lain-lain. ''Banyak lagi usaha lain  di Pekanbaru yang setiap hari kita nikmati di setiap sudut kota terutama kuliner. Indonesia juga memiliki dua kakak beradik yang kini jadi orang terkaya. Termasuk Chairul Tanjung dengan usaha ritelnya,'' ujar Syafrinaldi.

Mahasiswa diminta Rektor, sudah harus berfikir ke arah sana. Harus tampil inovatif dan kreatif agar kelak menjadi  enterpreuner sukses seperti pengusaha-pengusaha besar sekarang. Sesuatu yang besar tidak akan pernah menjadi besar kalau tidak dimulai dari yang kecil, kata Syafrinaldi.

Di tempat yang sama Andik Top, enterpreuner muda asal Malang juga berkisah tentang masa lalunya yang pahit ketika merintis usaha, dan usaha tersebut kini berkembang pesat. Awalnya, kata Andik,  dipicu oleh kondisi orangtuanya yang susah. Dan, kesusahan itu memaksanya  mencari jalan keluar dari himpitan ekonomi. ''Saya juga dulu kuliah dan berorganisasi tapi, di luar itu saya berusaha. Apakah anda siap berusaha,'' kata Andik memotivasi mahasiswa.

Kalau anda siap, lanjutnya, anda harus mulai memotivasi diri sendiri menjadi seorang enterpreuner. Ciptakan sesuatu yang dapat membuat diri kita tertantang. Jadi, lanjut Andik, semua itu berpulang ke kita. Kalau kita mau tak ada yang tak bisa.

Mahasiswa, menurutnya, dapat  melakukan semua sekaligus. Kuliah, berorganisasi dan berbisnis. ''Saya memulai usaha dari mengajar anak-anak privat. Lalu merambas ke usaha-usaha lain. Ini saya lakukan untuk menyambung kehidupan. Jangan bergantung pada ekonomi orangtua. Walau orangtua anda mampu,  itu  menjadi  penghalang menjadi enteroreuner,'' kata Pengarang buku Jadi Mahasiswa Kaya Kenapa Tidak!

Dekan Fakultas Hukum UIR Dr. Admiral, SH, MH menyambut baik pelaksanaan seminar ini. ''Seminar ini diharapkan dapat mengubah paradigma mahasiswa agar tidak berorientasi jadi pegawai negeri. Tapi tampil sebagai enterpreuner tangguh di masa depan,'' ujar Admiral.*

[ by: Humas UIR ]