Hukum 27 Okt 2021

Panduan Mahasiswa FH

Berikut Panduan Mahasiswa Fakultas Hukum

Sedang proses… (untuk angkatan 2022)

1. Grub Telegram Resmi Fakultas Hukum & UIR
    a. Grub Telegram UIR Klik di sini
    b. Grub Telegram Fakultas Klik di sini

2. Grub WhatsApp Resmi Fakultas Hukum UIR
    Silahkan Join Grub WhatsApp berdasarkan tahun angkatan masing-masing di bawah ini :

 No     Angkatan
        2015
 
   Angkatan
        2016
 
   Angkatan
        2017
 
   Angkatan
        2018
 
   Angkatan
        2019
 
   Angkatan
        2020
 
   Angkatan
        2021
 
  1.
  2.
  3.

Grub Whatsapp Matakuliah Semester 2

1. Grup Ini Untuk Dosen Dan Mahasiswa Fakultas Hukum.
2. Untuk Bapak/Ibu dosen pilihlah matakuliah dan kelas yang Bapak/Ibu mengajar.
3. Untuk mahasiswa pilihlah grub berdasarkan matakuliah & kelas di KRS (wajib isi KRS dulu).
4. Mahasiswa wajib mengunakan whatsapp dgn nama & foto anda, menghindari penyusup.
5. Setelah mengisi KRS Mahasiswa wajib mencetak KRS, agar tagihan biaya uang SKS muncul.
6. Absen Kehadiran kuliah bisa di download Klik di sini , Untuk NPM dan Nama Mahasiswa bisa isi secara manual oleh dosen maupun ketua kelas.

Matakuliah Wajib

 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 

Grub Whatsapp Matakuliah Semester 4

1. Grup Ini Untuk Dosen Dan Mahasiswa Fakultas Hukum.
2. Untuk Bapak/Ibu dosen pilihlah matakuliah dan kelas yang Bapak/Ibu mengajar.
3. Untuk mahasiswa pilihlah grub berdasarkan matakuliah & kelas di KRS (wajib isi KRS dulu).
4. Mahasiswa wajib mengunakan whatsapp dgn nama & foto anda, menghindari penyusup.
5. Setelah mengisi KRS Mahasiswa wajib mencetak KRS, agar tagihan biaya uang SKS muncul.
6. Absen Kehadiran kuliah bisa di download Klik di sini , Untuk NPM dan Nama Mahasiswa bisa isi secara manual oleh dosen maupun ketua kelas.

Matakuliah Wajib

 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 
 No    Kelas   GRUB
  1.     A
  2.     B
  3.     C
  4.     D
  5.     E
  6.     F
       
 No    Kelas   GRUB
  7.     G
  8.     H
  9.     I
  10.     J
  11.     K
  12.     L
       
 No    Kelas   GRUB
  13.     M
  14.     N
  15.     O
  16.     P
  17.     Q
  18.     R
 

Assalamualaikum wr wb

Kepada Mahasiswa/i FH UIR
Insya Allah perkuliahan akan dimulai hari Senin 21 Februari 2022. Perkuliahan dilakukan secara offline dan Online sesuai dengan Peraturan Rektor UIR Nomor 4 Tahun 2022 tentang Panduan Pelaksanaan Tatap Muka Terbatas Semester Genap 2021/2022 (Peraturan Rektor Terlampir).

Perkuliahan offline hanya untuk semester II,IV dan VI (hanya untuk mata kuliah pelatihan dan praktek kemahiran hukum)
Perkuliahan untuk hari Sabtu seluruhnya dilaksanakan secara daring (jadwal terlampir)
Format persetujuan orang tua (terlampir di tombol Download)
Sajian mata kuliah (terlampir di menu matrik)

Demikian disampaikan, wassalam
Wakil Dekan I Bidang Akademik

Dr. Rosyidi Hamzah, SH,MH

Jadwal Kuliah

     

1. Jadwal UTS

     

2. Jadwal UAS

     

Berikut langkah – langkah Panduan Skripsi dari tahapan no. 1 s/d no. 9 dibawah ini :

Mendownload Panduan Skripsi Klik di sini

Langkah Pengajuan Judul Tugas Akhir (Skripsi)

1. Download Form di web Fakultas Hukum atau Klik di sini

2. Setelah di download, mengisi form tersebut.

3. Setelah mengisi from, Silakan hubungi dan konsultasikan dengan Ketua Departemen
masing-masing untuk mendapatkan persetujuan Judul dari Ketua Departemen. Untuk teknis
konsultasi dan persetujuan judul, dapat dilakukan melalui WA, EMAIL, atau cara lainnya yang
disepakati dengan Ketua Departemen. Berikut nama Dosen Ketua Departemen:
    A. Hukum Perdata (Dr. Zulkarnaini Umar, S.H., MIS)
    B. Hukum Pidana (Dr. Zulkarnain S, S.H., M.H)
    C. Hukum Bisnis (Rahdiansyah, S.H., M.H)
    D. Hukum HTN (Dr. Ir. H. Suparto, S.H.,S.IP.,MM.,M.Si.,M.H)
    E. Hukum HAN (Abdul Hadi Anshary, S.H., M.H)
    F. Hukum HI (H. Abd Thalib, Sm.Hk., S.H., M.C.L., Ph.D)

4. From yang telah di setujui Ketua Departemen, diserahkan atau dikirim ke Staf Tata Usaha
Bagian Akademik melalui email : Klik di sini untuk
mendapatkan Lembaran Perosedur Pengajuan Proposal.

1. Kolom pertama pendaftaran Judul di urus ke ketua departemen masing-masing

2. Kolom kedua di urus ke WD II (Dr. Desi Apriani, S.H., M.H) dan untuk megisi form
dan persyaratan Klik di sini

3. Kolom ketiga di urus ke WD I ( Dr. Rosyidi Hamzah, S.H., M.H) dan untuk megisi form
dan persyaratan Klik di sini

4. Kolom keempat menghubungi pembimbing untuk proses bimbingan dan mendapatkan
persetujuan untuk ujian proposal.

5. Selanjutnya cek turnitin proposal dengan mengirimkan ke email kampusfh@gmail.com,
untuk mendapatkan surat keteranagan turnitin harus mencapai hasil turnitin 30 % kebawah,
Setelah hasil 30 % kebawah admin akan mengirim file hasil tunitin (format PDF) dan
link pembuatan surat keterangan turnitin ke email mahasiswa.

6. Kolom kelima mendapatkan persetujuan Ketua UPM (Lidya Ferianti, S.H.,M.H) dan untuk
megisi form dan persyaratan Klik di sini

7. Kolom keenam meminta persetujuan pelaksanaan seminar oleh Kasubag Akademik
(Tamin R. Putra, S.T ) dan mendaftar seminar proposal

Setelah persyaratan semua di setujui, mahasiswa melakukan pembayaran uang ujian Proposal

Seminar Proposal : Rp. 150.000,-
Bank Mega Syariah a.n Anisha Venny Zuella dengan No Rekening : 2008875522
Jika sudah melakukan pembayaran, untuk Bukti pembayaran asli nya bisa di serahkan
langsung ke Icha di TU

Berikut syarat – syarat pembuatan SK bimbingan skripsi:

1. Foto Copy KTM.
2. Foto Copy Berita Acara Seminar.
3. Foto Copy Perubahan Judul Jika Ada.
4. Foto Copy Kolom Empat atau Kolom Tujuh Yang Udah Ditanda Tangan Oleh Wakil Dekan I.
5. Foto Copy KRS Semester 1 Sampai Semester Akhir.
6. Foto Copy KHS Semester 1 Sampai Semester Akhir.
7. Trasnkip nilai dari sikad.
8. KRS Skripsi Cap Lunas Dai SIKAD, Berikut pengurusanya:
    - Melakukan Pengisian KRS Skripsi Klik di sini
    - Setelah melakukan pengisian cek pesan emailmu dan cetak file yg dikirim     - Pada file lampiran 2 harap di Tandatagan Prodi/WD 1     - Serahkan ke Operator IT di ruang 2.05/Mas Anto     - Melakukan Pembayara SKS Skripsi.
    - Setelah Membayar SKS Skripsi, Akan Muncul Menu Skripsi di Sikad dan Harap di Isi.
    - Melakukan Cetak KRS Skripsi Cap Lunas.
9. Semua Data Di Jilid Trasparan Warna Hijau

Untuk Mahasiswa membuat surat penelitian yang melalui web SIPENASAKTI (Sistem Informasi
Penerbitan Surat Keterangan Penelitian) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu
Pintu Provinsi Riau.Untuk mendaftarkan dengan menghubungi admin kampus fakultas dengan
cara sebagai berikut:
1. Membuat surat pengantar dari fakultas di tujukan ke pada Dinas Penanaman Modal dan
    Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Riau
2. Persiapkan file Proposal PDF, scan KTM (Format JPG) dan scan Surat Pengantar (Format JPG)
3. Setelah file di persiapkan, harap menghubungi admin di fakultas masing masing (Fakultas
    Hukum UIR Bang Anto) dengan whatsaap ketik Daftar Simpenasakti, NPM, Nama dan Alamat
    kirim ke 082381767588
4. Setelah itu login ke SiPenaSakti Klik di sini

Untuk melakukan cek turnitin skripsi dengan mengirimkan ke email kampusfh@gmail.com,
untuk mendapatkan serifikat turnitin harus mencapai hasil turnitin 30 % kebawah, Setelah
hasil 30 % kebawah admin akan mengirimkan file hasil tunitin (format PDF) dan
link pembuatan sertifikat turnitin ke email mahasiswa.

Berikut syarat – syarat penaftaran/ permohonan ujian komper/skripsi:

1. Skripsi yang telah di sahkan oleh pembimbing 3 Lembar
2. Bukti pembayaran:
    a.) Uang pembayaran SKS Skripsi
    b.) Uang SPP dasar
    c.) KRS Skripsi yang sudah lunas
    d.) Foto copy KHS dari semester 1 sampai semester akhir 1 rangkap
    e.) Foto copy ijazah SMA/ sederajat 2 lembar
    f.) Traskip nilai sementara dari BAAK yang sudah selesai total 144 SKS
    g.) Foto copy sertifikat baca Al-Quran dari LDIK 1 lembar (bagi mahasiswa muslim)
    h.) Foto copy Sertifikat Originalitas penelitian.
    i.) Semua data tersebut dimasukan dalam map filing folder yang berwarna hijau.
3. Pas foto warna 4x6 sebanyak 4 Lembar
    a.) Pakaian Pria pakai jas dan berdasi
    b.) Pakaian wanita pakai kebayadan bersanggul (yang muslim wajib memakai jilbab)
4. Belangko Isian usulan Ijazah dan alumni

Setelah persyaratan semua di setujui, mahasiswa melakukan pembayaran uang ujian Kompre/Skripsi

Biaya Ujian Kompre: Rp. 580.000,- Bank Mega Syariah a.n Anisha Venny Zuella
dengan No Rekening : 2008875522 Jika sudah melakukan pembayaran untuk
Bukti pembayaran asli nya bisa di serahkan langsung ke Icha di TU

A. Persiapkan berkas file dengan format JPEG/JPG sembari menunggu jilid skipsi

    1. Join di Grub Whatsapp Wisuda 2023 Priode IKlik di sini
    2. Traskip nilai udah ada nilai skripsi (format PDF)
    3. Foto latar belakang merah terbaru (format JPEG/JPG)
    4. KTP (format JPEG/JPG)
    5. Ijzasa SLTA/SMA sederajat (format JPEG/JPG)
    6. File foto terbaru harus berwarna dengan background berwarna merah
       a.) Pria : Memakai baju kemeja warna putih, jas warna hitam & dasi warna hitam
       b.) Wanita : Memakai baju kebaya berwarna putih & jilbab berwarna hitam (bagi muslimah)
       c.) Dan file Pas foto Min 300Kb dan Max 1Mb/1000Kb, Kualitas Gambar harus cukup tajam
            dan fokus (untuk mendapatkan foto yang lebih baik dan bersih sebaiknya foto di studio foto)

B. Dan berikut langkah-langkah selanjutnya:

    1. Mengurus berita acara

    2. Jilid skripsi
        a.) Menjilid skripsi 3 rangkap
        b.) Download file surat penyerahan skripsi ke pembimbing Klik di sini

    3. Mengurus bebas pustaka
        Pengurusan surat bebas pustaka di perpustakaan UIR dengan syarat…..

    4. Mengurus bebas administrasi
        Untuk pengurusan bebas administrasi lakukan langkah-langkah berikut:
        a.) Download file from bebas administrasi Klik di sini lalu isi data diri surat tersebut
        b.) Scan file surat bebas pustaka, surat penyerahan skripsi kepembimbing dan pembayaran
              spp terakhir jadi satu dalam bentuk format pdf.
        c.) Setelah itu isi link berikut Klik di sini

    5. Mengurus PIN wisuda
        Untuk menapatkan PIN wisuda harus mempersiapkan berkas file dibawah ini:
        a.) surat bebas pusaka (format JPEG/JPG)
        b.) surat bebas administrasi (format JPEG/JPG)
        c.) berita acara ujian skripsi (format JPEG/JPG)
        d.) traskip nilai udah ada nilai skripsi (format PDF)
        e.) foto latar belakang merah (format JPEG/JPG)
        f.) KTP (format JPEG/JPG)
        g.) ijasa SLTA/SMA sederajat (format JPEG/JPG)
        Untuk pendaftaran PIN wisuda Klik di sini

    6. Pendaftaran online wisuda
        a.) Kunjungi link alumni.uir.ac.id atau Klik di sini
        b.) Upload foto terlebih dahulu
        c.) Dan ikuti langkah selanjutnya

1. Matrik Matakuliah kurikulum 2021, untuk angkatan 2021 dan khusus semester atas yang    mengulang di semester 2
2. Matrik Matakuliah kurikulum 2012, untuk angkatan 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 & 2020

Download Matrik Matakuliah/Sajian Matakuliah

     

Panduan Pembayaran

     

1. Mendownload Panduan Email Klik di sini , Jika lupa email/password Klik di sini atau
   Caranya: Silahkan chat dengan mengetik UIR INFO EMAIL kirim ke no WA 0895 1414 1962.

2. Mendownload Panduan SIKAD, Jika lupa password SIKAD Klik di sini atau
   Caranya: Silahkan chat dengan mengetik RESET UIR PASSWORD kirim ke no WA 0895 1414 1962.

B. File Sertifikat Akreditasi

 No   Tahun Akreditasi   Download Warna   Download Hitam Putih 
 1.  1998 Berakreditasi "C"     
 2.  2002 Berakreditasi "B"     
 3.  2008 Berakreditasi "B"     
 4.  2013 Berakreditasi "A"     
 5.  2018 Berakreditasi "A"     

Klik tombol di bawah ini :

     

Berikut pertanyaan yang bisa di jawab disini:

1. Bagaimana cara membuka pengisian KRS, jika dalam keadaan udah di cetak dan belum membayar uang SKS…?
Jawaban : Chat IT pusat/Simfokom dengan mengirimkan Nama, NPM, No HP, Prmasalahan (minta reset KRS) dan kirimka foto KTM (No kontak simfokom dibawah)

2. Bagaimana cara membuka pengisian KRS, jika dalam keadaan udah di cetak dan udah membayar uang SKS…?
Jawaban : Jumpai prodi fakultas

3. Sudah membayar SPP dan belum mengisi KRS, tapi pengisian KRS udah tercetak/masih tertutup?
Jawaban : Chat IT pusat/Simfokom dengan mengirimkan Nama, NPM, No HP, Prmasalahan (Udah bayar SPP tapi belum kebuka pengisian KRS) dan kirimka foto KTM (No simfokom kontak dibawah)

4. Bagaimana cara mengurus KTM Hilang atau memperpanjang KTM?
Jawaban : Urus di BAAK belakang gedung rektorat.

5. Bagaimana cara meghapus nilai ganda, salah ambil matakuliah jurusan atau berlebih ambil matakuliah bebas yang ada d traskip Nilai?
Jawaban : Cetak Traskip nilai dan tandai matakuliah yang mau dihapus menggunkan stabilo dan urus di BAAK.

6. Bagaimana cara memunculkan Tagihan SKS?
Jawaban : Cukup mencetak KRS lalu bayarkan ke bank.

7. Bagaimana jika lupa email/password?
Jawaban : Klik di sini atau silahkan chat dengan mengetik UIR INFO EMAIL kirim ke no WA 0895 1414 1962.

8. Bagaimana jika lupa password SIKAD
Jawaban : Klik di sini atau silahkan chat dengan mengetik RESET UIR PASSWORD kirim ke no WA 0895 1414 1962.

9. Bagaimana pedoman matrik matakuliah..?
Jawaban : “Matrik Matakuliah kurikulum 2021 untuk tahun angkatan 2021” dan “Matrik Matakuliah kurikulum 2012, untuk tahun angkatan 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 & 2020”

10. Bagaimana pedoman pengisian KRS..?
Jawaban : jika mengambil semester 2 pilih kurikulun 2021 genap, jika ambil semester 3 & 6 ambil kurikulum 2012

11. Bagaimana yang tahun angkatan 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 & 2020 ingin mengambil yang semester 2 ..?
Jawaban : Bentar…! lagi cari solusi





KONTAK LAYANAN ONLINE BIRO SIMFOKOM (IT Pusat)
MOBILE PHONE : 0812 6866 0220
WHATSAPP : 081266 099 789 (Chat Only, No Video/Voice Call)
EMAIL : it.support@uir.ac.id
JAM OPERASIONAL 08:00 S/D 17:00 (SENIN S/D JUMAT)

KONTAK LAYANAN STAFF TATA USAHA
Bang Nasir : 0813-6548-0842
Bang Rizki : 0822-7418-1459

Pertanyaan akan di update jika ada permaslah lagi…

KONTAK LAYANAN ONLINE BIRO SIMFOKOM (IT Pusat)
MOBILE PHONE : 0812 6866 0220
WHATSAPP : 081266 099 789 (Chat Only, No Video/Voice Call)
EMAIL : it.support@uir.ac.id
JAM OPERASIONAL 08:00 S/D 17:00 (SENIN S/D JUMAT)

KONTAK LAYANAN STAFF TATA USAHA
Bang Nasir : 0813-6548-0842
Bang Rizki : 0822-7418-1459

[ Admin Hukum ]