----- ALUR TUGAS AKHIR -----
A. ALUR PROPOSAL
1. Panduan Tugas Akhir
- Buku Panduan Skripsi FH UIR : Klik Disini
- Grub Whatsaap Melihat Jadwal Ujian Proposal/Kompre: Klik Disini
- Lembaran Keikutsertaan Seminar Proposal Penelitian: Klik Disini Catatan: Syarat ujian proposal Mahasiswa wajib mengikuti / menghadiri sebanyak 7 kali seminar Proposal
2. Pengajuan Judul Tugas Akhir
- Berikut Form Pengajuan Tugas Akhir Klik Disini
- Silahkan Isi Form Tersebut
- Silakan hubungi dan konsultasikan dengan Ketua Departemen masing-masing untuk mendapatkan persetujuan Judul dari Ketua Departemen
- Berikut nama Dosen Ketua Departemen:
A. Perdata (Dr. Zulkarnaini Umar, S.H., MIS)
B. Pidana (Dr. Zulkarnain S, S.H., M.H)
C. Bisnis (Rahdiansyah, S.H., M.H)
D. HTN (Dr.Ir.H. Suparto,S.H,S.IP,MM,M.Si,M.H)
E. HAN (Abdul Hadi Anshary, S.H., M.H)
F. HI (H. Abd Thalib, Sm.Hk., S.H., M.C.L., Ph.D) - Ruang Ketua Departemen Latai 2 Ruang 2.09 Fakultas Hukum
3. Penunjukan Pembimbing
A. Untuk login ke SIMFAKUM silahkan : Klik Disini atau ketik simfakum.com
Username : NPM Password : Simfakum.101B. Contoh langkah-langkah alur penunjukan pembimbing
C. Klik Penunjuk Pembimbing dan lakukan pengisian
D. Selanjutnya mahasiswa melihat keempat proses indicator dibawah ini
E. Jika keempat indikator sudah di proses silahkan cetak surat di kolom aksi dan klik icon print :
4. Bimbingan Proposal Dengan Pembimbing
5. Persetujuan Proposal Oleh Pembimbing
6. Pengecekan Turnitin/Similarity Proposal
A. Pengecekan turnitin di simfakum.com
B. Contoh langkah-langkah Alur Pengecekan Turnitin
Klik Skripsi lalu klik Turnitin Simalarity Sempro Lalu klik + Turnitin Similarity Selanjutnya isi form dan Upload file:
- Upload File Proposal
- Upload File Screenshot ACC Dosen Pembimbing
C. Setelah isi selanjutnya mahasiswa melihat kedua proses indicator
1. Daftar nama-nama admin yang memproses
No | Jabatan | Nama Admin | Keterangan |
1. | - | Mahasiswa/i | Mengupload file, selanjutnya ke Staf Labor |
2. | Staf Labor | Muhammad Fakhrian S.H | Mengecek turnitin, selanjutnya ke UPM |
3. | Ketua UPM | Lidia Febrianti S.H.,M.H. | Mengecek dan memberi Approval, selanjutnya ke mahasiswa |
4. | - | Mahasiswa/i | Mencetak surat turnitin |
7. Pendaftaran Sempro
- File Proposal
- Surat Bebas Turnitin dari UPM
- Lembar Persetujuan Proposal oleh Pembimbing
- Bukti Pembayaran SPP Berjalan
- Biaya konsumsi Seminar Proposal, silahkan tranfer Rp. 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) ke Bank Syariah Indonesia ( BSI ) dengan No. Rekening 7278198288 a.n Anisha Venny Zuella
B. ALUR SKRIPSI
1. Mengurus SK Bimbingan
- Sudah membayar Uang SPP semester ini
- Ke Operator TI Fakultas untuk mengisi KRS Tugas Akhir
- Lalu mahasiswa membayar ke bank
- Cetak Bukti Pembayaran SKS Tugas Akhir
- Catatan : Jika matakuliah Tugas Akhir sudah di isi tidak bisa di batalin lagi dan matakuliah berlaku 2 semester
- Foto copy KTM
- Foto copy Berita acara Seminar Proposal
- Foto copy Perubahan Judul (Jika ada)
- Foto copy Bukti Pembayaran SKS Skripsi
- Foto copy Persetujuan Proposal Oleh Pembimbing
- Foto copy KRS Semester 1 s/d Semester Akhir
- Foto copy KHS Semester 1 s/d Semester Akhir
- Semua Di Jilid Trasparan Warna Hijau
- Pastikan sudah mempunyai SK Pembimbing Skripsi
- Mengisi Menu skripsi di sikad, cth form skripsi :
- Bagian isi pembimbing 1 menggunakan pencarian, jadi cukup ketik nama tanpa gelar, cth ketikan “Sri Arlina”
- Cetak kartu bimbinggan, cth Kartu bimbingan :
2. Bimbingan Skripsi Ke Pembimbing
3. Persetujuan Skripsi Untuk ujian komprehensif oleh pembimbing
4. Pengecekan Turnitin/Similarity Skripsi
No | Jabatan | Nama Admin | Keterangan |
1. | - | Mahasiswa/i | Mengupload file, selanjutnya ke Staf Labor |
2. | Staf Labor | Muhammad Fakhrian S.H | Mengecek turnitin, selanjutnya ke Sekprodi |
3. | Sek.Prodi | Moza Dela Fudika, SH., MH. | Mengecek dan meverifikasi, selanjutnya ke Prodi |
4. | Prodi | Selvi Harvia Santri, S.H., M.H. | Mengecek dan memberi Approval, selanjutnya ke Mahasiswa |
5. | - | Mahasiswa/i | Mencetak sertifikat turnitin |
5. Pendaftaran Ujian Kompre
- Judul Skripsi
- Lampiran File Skripsi
- Lampiran KRS Skripsi dari sikad sudah dicap Lunas (Semester sekarang)
- Lampiran KRS dan KHS Seluruh Semester
- Lampiran Ijazah SMA (Asli)
- Lampiran SPP dasar Semester Berjalan
- Lampiran Bukti Lulus Turnitin Komprehensif
- Lampiran Biaya konsumsi Seminar Hasil, silahkan tranfer Rp. 580.000,- (Lima Ratus Delapan Puluh Ribu Rupiah) ke Bank Syariah Indonesia ( BSI ) dengan No. Rekening 7278198288 a.n Anisha Venny Zuella, terdiri dari Konsumsi Rp. 200.000,- Yudisium/Ramah Tamah Rp. 300.000,- dan Buku Alumni Rp. 80.000,-
6. Ujian Skripsi
- Memakai baju hitam putih dan menggunakan jas
- Pastikan di Sikad KRS Tugas Akhir 6 SKS semester ini sudah ada cap lunasnya, agar bisa di input nilai skripsimu
C. PENDAFTARAN WISUDA
1. Daftar PIN Wisuda
Surat Penyerahan Skripsi Kepembimbing, untuk mengurus Bebas Administrasi :Klik Disini atau Klik Disini (From kosong)
- Yang perlu di perhatikan Setelah Ujian Kompre Selesai Perhatikan Nilai Tugas Akhir/Skripsi sudah keluar Mengambil SK Penguji dan Berita Acara di staf akademik (di berita acara isikan predikat dan IPK sesuai di traskip nilai)
- Jilid skripsi 3 rangkap dan CD berisikan File Skripsi PDF
Sebelum skripsi di jilid 3 rangkap pastikan tidak ada revisi lagi
- Untuk Pribadi
- Untuk Perpustakaan UIR (Buat Syarat Ngurus Surat Bebas Pustaka) -Untuk persyaratan boleh di tanyakan keperpustakaan UIR.
- Untuk Pembimbing (Buat Syarat Ngurus Surat Bebas Administrasi) -Membawa Surat Penyerahan Skripsi ke pembimbing untuk ditandatangani.
- Setelah itu mengurus Surat Bebas Administrasi lewat simfakum.com (Admin 085830141112). -Syarat upload file surat bebas Pustaka dan surat penyerahan skripsi kepembimbing yang udah di tandatangani pembimbing
- Lalu daftar PIN Wisuda, File persyaratan daftar PIN Wisuda sebagai berikut :
- Traskip Nilai yg ada Nilai Skripsinya (Format PDF dari SIKAD)
- Surat Bebas Administrasi Fakultas (Format jpg/png yg rapi)
- Status Bebas Pustaka = Valid (Dilakukan validasi dengan sistem oleh Perpustakaan)
- Barita Acara Ujian Skripsi (Format jpg/png)
- Foto Latar Belakang Merah (Format jpg/png yg rapi)
Daftar Nama yang sudah isi Link PIN Wisuda: Klik Disini Langkah- Langkah setelah mendapatkan PIN Wisuda :
-
- Setelah mendapatkan SMS PIN Wisuda silahkan upload foto di Klik Disini (setelah upload foto selesai boleh d tinggalkan)
- Setelah selesai upload foto, nanti akan di kabari melalui SMS/WA bahwa status pasfoto valid, jika informasi SMS/WA tidak valid harap ulang kembali
- Setelah informasi foto valid silahkan isi data anda dan upload dokumen di Klik Disini
- Jika halaman keuangan belum Valid harap di tunggu saja/kebiro keuangan di rektorat
2. Daftar Wisuda (ketika sudah mendapatkan PIN wisuda)
- Setelah mendapatkan SMS PIN Wisuda silahkan upload foto di Klik Disini (setelah upload foto selesai boleh d tinggalkan)
- Setelah selesai upload foto, nanti akan di kabari melalui SMS/WA bahwa status pasfoto valid, jika informasi SMS/WA tidak valid harap ulang kembali
- Setelah informasi foto valid Silahkan isi data anda dan upload dokumen di Klik Disini
- Jika halaman keuangan belum Valid harap di tunggu saja/datang ke biro keuangan di rektorat
- Setelah dokumen valid semua, nanti akan mendapatkan link surat peryataan wisuda
- Traskip Nilai yang ada nilai skripsinya dari BAAK
- Foto Copy Berita Acara
- Foto Copy Surat Bebas Pustaka
- Foto Copy Surat Bebas Administrasi
- Foto Copy KTP
- Foto Copy Ijazah SMK/SMA/Sederajat
- Surat Peryataan Wisuda (didapat melalui whatsaap ketika sudah selesai upload dokumen di alumni.uir.ac.id
- Yudisium (info melalui grub wisuda & undangan oleh panitia)
- Pembagian Toga dan Undangan (Info oleh BAAK melalui WA/SMS/Pengumuman)
- Geladi resik(Info oleh BAAK melalui WA/SMS/Pengumuman)
- Wisuda (Info oleh BAAK melalui WA/SMS/Pengumuman)
- Pengambilan Ijazah (Info oleh BAAK melalui WA/SMS/Pengumuman)