Alur Pengurusan Proposal, Skripsi & Daftar Wisuda

----- ALUR TUGAS AKHIR -----

A. ALUR PROPOSAL

  1. Buku Panduan Skripsi FH UIR : Klik Disini
  2. Grub Whatsaap Melihat Jadwal Ujian Proposal/Kompre: Klik Disini
  3. Lembaran Keikutsertaan Seminar Proposal Penelitian: Klik Disini Catatan: Syarat ujian proposal Mahasiswa wajib mengikuti / menghadiri sebanyak 7 kali seminar Proposal
    Pengajuan Tugas Akhir Oleh Ketua Departemen
  1. Berikut Form Pengajuan Tugas Akhir Klik Disini
  2. Silahkan Isi Form Tersebut
  3. Silakan hubungi dan konsultasikan dengan Ketua Departemen masing-masing untuk mendapatkan persetujuan Judul dari Ketua Departemen
  4. Berikut nama Dosen Ketua Departemen:
    A. Perdata (Dr. Zulkarnaini Umar, S.H., MIS)
    B. Pidana (Dr. Zulkarnain S, S.H., M.H)
    C. Bisnis (Rahdiansyah, S.H., M.H)
    D. HTN (Dr.Ir.H. Suparto,S.H,S.IP,MM,M.Si,M.H)
    E. HAN (Abdul Hadi Anshary, S.H., M.H)
    F. HI (H. Abd Thalib, Sm.Hk., S.H., M.C.L., Ph.D)
  5. Ruang Ketua Departemen Latai 2 Ruang 2.09 Fakultas Hukum

    A. Untuk login ke SIMFAKUM silahkan : Klik Disini atau ketik simfakum.com

         Username : NPM Password : Simfakum.101

    B. Contoh langkah-langkah alur penunjukan pembimbing

    C. Klik Penunjuk Pembimbing dan lakukan pengisian

    D. Selanjutnya mahasiswa melihat keempat proses indicator dibawah ini

    E. Jika keempat indikator sudah di proses silahkan cetak surat di kolom aksi dan klik icon print :

Silahkan Bimbingan Proposal kepembimbing
  Lembar Persetujuan Proposal Klik Disini

    A. Pengecekan turnitin di simfakum.com

    B. Contoh langkah-langkah Alur Pengecekan Turnitin

      Klik Skripsi lalu klik Turnitin Simalarity Sempro       Lalu klik + Turnitin Similarity

      Selanjutnya isi form dan Upload file:
      - Upload File Proposal
      - Upload File Screenshot ACC Dosen Pembimbing

    C. Setelah isi selanjutnya mahasiswa melihat kedua proses indicator
      1. Daftar nama-nama admin yang memproses

No Jabatan Nama Admin Keterangan
1. - Mahasiswa/i Mengupload file, selanjutnya ke Staf Labor
2. Staf Labor Muhammad Fakhrian S.H Mengecek turnitin, selanjutnya ke UPM
3. Ketua UPM Lidia Febrianti S.H.,M.H. Mengecek dan memberi Approval, selanjutnya ke mahasiswa
4. - Mahasiswa/i Mencetak surat turnitin
2. Selanjutnya mahasiswa melihat kedua proses indicator dibawah ini 3. Jika kedua indikator sudah di proses silahkan cetak surat turnitin di kolom aksi dan klik icon print :
Pendaftaran Sempro di simfakum.com Peryaratan Pendaftaran Ujian Proposal
  1. File Proposal
  2. Surat Bebas Turnitin dari UPM
  3. Lembar Persetujuan Proposal oleh Pembimbing
  4. Bukti Pembayaran SPP Berjalan
  5. Biaya konsumsi Seminar Proposal, silahkan tranfer Rp. 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) ke Bank Syariah Indonesia ( BSI ) dengan No. Rekening 7278198288 a.n Anisha Venny Zuella

B. ALUR SKRIPSI

A. Mengisi KRS Tugas Akhir 6 SKS
  1. Sudah membayar Uang SPP semester ini
  2. Ke Operator TI Fakultas untuk mengisi KRS Tugas Akhir
  3. Lalu mahasiswa membayar ke bank
  4. Cetak Bukti Pembayaran SKS Tugas Akhir
  5. Catatan : Jika matakuliah Tugas Akhir sudah di isi tidak bisa di batalin lagi dan matakuliah berlaku 2 semester
B. Syarat Pembuatan SK Pembimbing Skripsi :
  1. Foto copy KTM
  2. Foto copy Berita acara Seminar Proposal
  3. Foto copy Perubahan Judul (Jika ada)
  4. Foto copy Bukti Pembayaran SKS Skripsi
  5. Foto copy Persetujuan Proposal Oleh Pembimbing
  6. Foto copy KRS Semester 1 s/d Semester Akhir
  7. Foto copy KHS Semester 1 s/d Semester Akhir
  8. Semua Di Jilid Trasparan Warna Hijau
C. Cetak Kartu Pembimbing
  1. Pastikan sudah mempunyai SK Pembimbing Skripsi
  2. Mengisi Menu skripsi di sikad, cth form skripsi :
  3. Bagian isi pembimbing 1 menggunakan pencarian, jadi cukup ketik nama tanpa gelar, cth ketikan “Sri Arlina”
  4. Cetak kartu bimbinggan, cth Kartu bimbingan :
Silahkan Bimbingan Skripsi ke pembimbing membawa SK Pembimbing dan Kartu Bimbingan (dari Sikad di menu Skripsi)
Lembar Persetujuan Skripsi Klik Disini
Pengecekan turnitin di simfakum.com Selanjutnya isi form dan Upload file: - Upload File Skripsi - Upload File Screenshot ACC Dosen Pembimbing
No Jabatan Nama Admin Keterangan
1. - Mahasiswa/i Mengupload file, selanjutnya ke Staf Labor
2. Staf Labor Muhammad Fakhrian S.H Mengecek turnitin, selanjutnya ke Sekprodi
3. Sek.Prodi Moza Dela Fudika, SH., MH. Mengecek dan meverifikasi, selanjutnya ke Prodi
4. Prodi Selvi Harvia Santri, S.H., M.H. Mengecek dan memberi Approval, selanjutnya ke Mahasiswa
5. - Mahasiswa/i Mencetak sertifikat turnitin
Pendaftaran Ujian Kompre di simfakum.com Peryaratan Pendaftaran Ujian Kompre
  1. Judul Skripsi
  2. Lampiran File Skripsi
  3. Lampiran KRS Skripsi dari sikad sudah dicap Lunas (Semester sekarang)
  4. Lampiran KRS dan KHS Seluruh Semester
  5. Lampiran Ijazah SMA (Asli)
  6. Lampiran SPP dasar Semester Berjalan
  7. Lampiran Bukti Lulus Turnitin Komprehensif
  8. Lampiran Biaya konsumsi Seminar Hasil, silahkan tranfer Rp. 580.000,- (Lima Ratus Delapan Puluh Ribu Rupiah) ke Bank Syariah Indonesia ( BSI ) dengan No. Rekening 7278198288 a.n Anisha Venny Zuella, terdiri dari Konsumsi Rp. 200.000,- Yudisium/Ramah Tamah Rp. 300.000,- dan Buku Alumni Rp. 80.000,-
Catatan :
  1. Memakai baju hitam putih dan menggunakan jas
  2. Pastikan di Sikad KRS Tugas Akhir 6 SKS semester ini sudah ada cap lunasnya, agar bisa di input nilai skripsimu

C. PENDAFTARAN WISUDA

Untuk Gabung ke Grub Wisuda berikutnnya klik link berikut : Klik Disini
Surat Penyerahan Skripsi Kepembimbing, untuk mengurus Bebas Administrasi :Klik Disini atau Klik Disini (From kosong)
  1. Yang perlu di perhatikan Setelah Ujian Kompre Selesai Perhatikan Nilai Tugas Akhir/Skripsi sudah keluar Mengambil SK Penguji dan Berita Acara di staf akademik (di berita acara isikan predikat dan IPK sesuai di traskip nilai)
  2. Jilid skripsi 3 rangkap dan CD berisikan File Skripsi PDF Sebelum skripsi di jilid 3 rangkap pastikan tidak ada revisi lagi
    1. Untuk Pribadi
    2. Untuk Perpustakaan UIR (Buat Syarat Ngurus Surat Bebas Pustaka) -Untuk persyaratan boleh di tanyakan keperpustakaan UIR.
    3. Untuk Pembimbing (Buat Syarat Ngurus Surat Bebas Administrasi) -Membawa Surat Penyerahan Skripsi ke pembimbing untuk ditandatangani.
    4. Setelah itu mengurus Surat Bebas Administrasi lewat simfakum.com (Admin 085830141112). -Syarat upload file surat bebas Pustaka dan surat penyerahan skripsi kepembimbing yang udah di tandatangani pembimbing
  3. Lalu daftar PIN Wisuda, File persyaratan daftar PIN Wisuda sebagai berikut :
    1. Traskip Nilai yg ada Nilai Skripsinya (Format PDF dari SIKAD)
    2. Surat Bebas Administrasi Fakultas (Format jpg/png yg rapi)
    3. Status Bebas Pustaka = Valid (Dilakukan validasi dengan sistem oleh Perpustakaan)
    4. Barita Acara Ujian Skripsi (Format jpg/png)
    5. Foto Latar Belakang Merah (Format jpg/png yg rapi)
Setelah itu Daftar PIN Wisuda di link berikut : Klik Disini
Daftar Nama yang sudah isi Link PIN Wisuda: Klik Disini

Langkah- Langkah setelah mendapatkan PIN Wisuda :
    1. Setelah mendapatkan SMS PIN Wisuda silahkan upload foto di Klik Disini (setelah upload foto selesai boleh d tinggalkan)
    2. Setelah selesai upload foto, nanti akan di kabari melalui SMS/WA bahwa status pasfoto valid, jika informasi SMS/WA tidak valid harap ulang kembali
    3. Setelah informasi foto valid silahkan isi data anda dan upload dokumen di Klik Disini
    4. Jika halaman keuangan belum Valid harap di tunggu saja/kebiro keuangan di rektorat

Note : Pendaftaran Wisuda di buka ketika keluar surat edaran dari Rektorat dan infonya akan dikabari di Grub Wisuda
1. Langkah- Langkah setelah mendapatkan PIN Wisuda :
  1. Setelah mendapatkan SMS PIN Wisuda silahkan upload foto di Klik Disini (setelah upload foto selesai boleh d tinggalkan)
  2. Setelah selesai upload foto, nanti akan di kabari melalui SMS/WA bahwa status pasfoto valid, jika informasi SMS/WA tidak valid harap ulang kembali
  3. Setelah informasi foto valid Silahkan isi data anda dan upload dokumen di Klik Disini
  4. Jika halaman keuangan belum Valid harap di tunggu saja/datang ke biro keuangan di rektorat
  5. Setelah dokumen valid semua, nanti akan mendapatkan link surat peryataan wisuda
2. Berkas yang harus di kumpulkan ke Kasubag Akademik :
  1. Traskip Nilai yang ada nilai skripsinya dari BAAK
  2. Foto Copy Berita Acara
  3. Foto Copy Surat Bebas Pustaka
  4. Foto Copy Surat Bebas Administrasi
  5. Foto Copy KTP
  6. Foto Copy Ijazah SMK/SMA/Sederajat
  7. Surat Peryataan Wisuda (didapat melalui whatsaap ketika sudah selesai upload dokumen di alumni.uir.ac.id
*Daftar Wisuda Selesai*
Info selanjutnya :
  1. Yudisium (info melalui grub wisuda & undangan oleh panitia)
  2. Pembagian Toga dan Undangan (Info oleh BAAK melalui WA/SMS/Pengumuman)
  3. Geladi resik(Info oleh BAAK melalui WA/SMS/Pengumuman)
  4. Wisuda (Info oleh BAAK melalui WA/SMS/Pengumuman)
  5. Pengambilan Ijazah (Info oleh BAAK melalui WA/SMS/Pengumuman)